Perempuan Berkualitas

NASKAH PIDATO

Perempuan Berkualitas sebagai Tiang Masa Depan Bangsa

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakaatuh.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Tak lupa shalawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Hadirin sekalian yang budiman.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan sebuah pidato yang berjudul Perempuan Berkualitas sebagai Tiang Masa Depan Bangsa. Mengapa masa depan sebuah bangsa berkaitan erat dengan sosok perempuan berkualitas? Siapakah sosok perempuan berkualitas itu? Dua poin utama ini yang akan kami bahas dalam pidato singkat ini.

R.A. Kartini dalam buku “Habis Gelap Terbitlah Terang” terjemahan Armijn Pane mengungkapkan optimisme terhadap peran seorang perempuan bagi kemajuan suatu bangsa. Demikian isi pikiran dari R.A. Kartini: perempuan itu jadi soko guru peradaban! Bukan karena perempuan yang dipandang cakap untuk itu, melainkan oleh karena saya sendiri yakin sungguh bahwa dari perempuan itu pun mungkin timbul pengaruh yang besar, yang besar akibatnya, dalam hal membaikkan maupun memburukkan kehidupan, bahwa dialah yang paling banyak dapat membantu memajukan kesusilaan bangsa.

Perempuan memiliki peran dan potensi besar untuk membentuk wajah masa depan suatu bangsa; membaikkan atau memburukkan. Tentunya, masa depan yang lebih baik, cerah dan gilang-gemilang akan dapat hadir jika para perempuannya adalah perempuan berkualitas. Sebaliknya, masa depan bangsa akan buruk dan suram jika kualitas para perempuannya rendah. Maka adalah suatu hal yang masuk akal bagi seluruh elemen bangsa untuk menaruh perhatian yang besar dalam upayanya untuk mencetak perempuan-perempuan yang berkualitas.

Pada beberapa aspek, perempuan mengalami banyak ketertinggalan. Tingkat partisipasi perempuan dalam bidang pendidikan misalnya masih tertinggal dari laki-laki. Angka putus sekolah anak perempuan di tingkat SD, SMP, maupun SMA pun masih lebih besar dari anak laki-laki. Bahkan, dari sekitar 9,7 juta penduduk buta huruf di Indonesia, 64 persennya adalah kaum perempuan. Angka kematian ibu juga masih sekitar 228 tiap 100 ribu kelahiran. Untuk posisi dan beban kerja yang sama, pada banyak kasus, upah perempuan masih lebih rendah.

Perempuan berkualitas bukanlah sosok bidadari jelita yang turun begitu saja dari langit. Akan tetapi, perempuan berkualitas adalah hasil dari sebuah upaya yang sistematis dari lingkungan sosial-politik untuk secara serius menempa perempuan hingga menjadi sosok yang berkualitas. Saham terbesar yang diwariskan oleh R.A. Kartini adalah kesadaran untuk memperhatikan dan memperbaiki kualitas hidup seorang perempuan. Upaya serius untuk mencetak perempuan berkualitas telah dimulai oleh R.A. Kartini. Upaya ini harus dilakukan dalam waktu cukup panjang dan secara konsisten, bukan dalam waktu pendek demi mengejar target kejar tayang yang instan.

Hadirin sekalian yang budiman.

Bagaimanakah sosok perempuan berkualitas itu? Pertama, perempuan berkualitas adalah sosok yang cerdas dan terdidik. Perempuan berkualitas merupakan salah satu fondasi untuk menciptakan generasi mendatang yang juga berkualitas. Dari perempuanlah untuk pertama-tama seorang manusia memperoleh didikannya; anak-anak mendapat pelajaran berkata-kata, berpikir, dan merasai sesuatu. Sekali lagi R.A. Kartini menyampaikan pikirannya: makin tahulah saya, bahwa didikan yang mula-mula itu bukan tidak besar pengaruhnya bagi kehidupan manusia di kemudian harinya. Dan betapakah seorang ibu sanggup mendidik anaknya, bila mereka sendiri tidak berpendidikan?

Meskipun tanggung jawab pendidikan anak merupakan tugas kedua orang tuanya, seorang ibu memiliki intensitas kedekatan dan kelekatan yang lebih dengan anak, satu hal yang tidak bisa tergantikan. Perempuan berkualitas adalah perempuan yang terdidik, cerdas, dan terutama juga adalah berakhlaq dan berbudi mulia. Sehingga akan terlahir generasi yang cerdas pikirnya, baik pekertinya, dan terampil berbuat.

Oleh karena itu, maka akses pendidikan bagi perempuan harus terbuka dan ditingkatkan secara terus menerus. Dalam tarikh Islam, Nabi Muhammad SAW membuat jadwal khusus untuk menyampaikan pengajaran agama Islam kepada para perempuan.

Kedua, perempuan berkualitas adalah sosok perempuan yang sadar akan potensi yang dimilikinya dan mengembangkannya. Masa depan suatu bangsa ditentukan oleh kontribusi dari masing-masing manusianya, termasuk juga perempuannya. Kontribusi dapat berjalan maksimal jika sesuai dengan kemampuan, potensi dan kapasitas yang dimiliki oleh masing-masing individu. Perempuan berkualitas adalah sosok yang hadir berkontribusi bagi lingkungan dan bangsanya sesuai dengan potensi yang dimilikinya; menjadi ilmuwan, politisi, dokter, penyair, ibu rumah tangga, akuntan, dosen, atlet, pendidik dan lain-lain.

Kriteria yang ketiga, perempuan berkualitas adalah perempuan yang mampu menjadi partner dan mitra kerja yang baik bagi laki-laki. Rumah tangga dapat berjalan dengan indah jika ada kerjasama antara suami-istri. Pada hal tertentu, perempuan adalah ’pemimpin’ laki-laki dalam mengatur keuangan keluarga, mempersiapkan kebutuhan suami, dan memenuhi kebutuhan rumah-tangga lainnya. Keberhasilan dalam membangun sebuah keluarga itu berarti juga memberi kontribusi dan solusi bagi kemajuan bangsa; minimal tidak menambah permasalahan yang dihadapi bangsa; kenakalan remaja, narkoba, seks bebas dan lain-lain.

Hadirin sekalian yang budiman.

Dalam acara Baiduri ke-5 di Riau, Pekanbaru, Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yaitu Ibu Linda Amalia Sari Gumelar menyampaikan bahwa, “Perempuan berkualitas merupakan syarat untuk mendukung percepatan kemandirian & kemajuan negeri.” Maka marilah kita semua berupaya untuk secara sungguh-sungguh menghadirkan sosok perempuan berkualitas sehingga cita-cita masa depan bangsa yang maju dan bermartabat dapat terwujud.

Demikian pidato yang saya sampaikan, semoga menjadi sebuah pemantik kita dalam usaha untuk mencetak sosok-sosok perempuan berkualitas. Atas perhatian dari para hadirin saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu ‘alaykum warahmatulahi wabarakaatuh

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s